
Cara kerja mesin tersebut seperti ini ilustrasi saya…..
· Di mesin tersebut terdapat lubang yang berukuran cukup untuk uang 500 rupiah, hanya dengan 2 koin uang 500 rupiah sudah bisa mendapatkan minuman segar ato hangat sesuai keinginan anda.
· Mula-mula koin dimasukan lalu customer akan memilih minuman apa yang akan diambil dan ingin di minum, setelah itu akan terjadi proses dengan pemilihan minuman tersebut di dalam mesin sehingga yang keluar hanya berupa gelas kosong dan ditunggu beberapa detik baru minuman yang anda inginkan akan mengucur ke gelas yang keluar tadi.
· Untuk desainnya mengapa demikian agar menarik perhatian seperti yang kita tahu tokoh yang ada di badan luar mesin minuman tersebut adalah tokoh yang dari anak-anak sampai orang tua pasti kenal dan akan membuat orang dewasa tersenyum simpul dan penasaran dengan mesin minuman tersebut, dan untuk anak kecil pasti akan merengek minta untuk meminum minuman tokoh tersebut.
Pengertian IMK
Pada awalnya komputer dititikberatkan pada proses pengolahan data, tetapi karena teknologi yang sangat pesat saat ini teknologi komputer sudah menjadi sarana informasi dan pendidikan khususnya teknologi internet. Dalam hal pendidikan, komputer dapat dipergunakan sebagai alat bantu (media) dalam proses belajar mengajar baik untuk guru maupun siswa yang mempunyai fungsi sebagai Media tutorial, alat peraga dan juga alat uji dimana tiap fungsi tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan
Sebagai media tutorial, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, menumbuhkan minat belajar mandiri serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa / anak. Komputer sebagai alat uji memiliki keunggulan dalam keobyektifan, ketepatan dan kecepatan dalam penghitungan. Selain itu, sebagai media alat peraga komputer mempunyai kelebihan dapat memperagakan percobaan tanpa adanya resiko, tetapi membutuhkan waktu dalam pengembangannya
Yang saat ini perlu menjadi perhatian bagi orangtua maupun guru adalah bagaimana cara memperkenalkan komputer kepada anak. Hal yang perlu dicoba adalah dengan program program aplikasi (software) yang bersifat "Edutainment" yaitu perpaduan antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Selain itu program (software) aplikasi "Edutainment" tersebut mempunyai kemampuan menumbuh kembangkan kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih saraf motorik anak. Contohnya adalah Program permainan kombinasi benda, Menyusun benda atau gambar (Puzzle) serta program berhitung dan software-software lain yang didukung perangkat multimedia.
Selain program aplikasi, dunia internet semakin berarti bagi anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari internet, misalnya surat menyurat (E-mail), berbincang (chatting), mengambil dan menyimpan informasi (download).
Jadi, dalam makalah ini kami akan membahas mengenai beberapa Dampak Negatif penggunaan Teknologi sebagai bentuk Interaksi Manusia dan Komputer dilingkungan anak anak.
Mengapa manusia ingin berinteraksi dengan komputer? Karena Komputer memainkan peranan yang penting dalam mengubah corak kehidupan manusia masa kini.
Dibawah ini yang merupakan Keuntungan Manusia dapat berinteraksi dengan Komputer adalah :
1. Menghemat Waktu untuk mengerjakan pekerjaan penghitungan yang rumit seperti membuat segala Laporan keuangan perusahaan
2. Menghemat Tenaga, karena manusia yang mengendalikan komputer untuk melakukan tugas yang berulang seperti Menginput transaksi transaksi pembelian, penjualan, dll dengan tanpa menulis hal hal yang selalu berulang dari setiap transaksi
Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer adalah
“ Perihal Membentuk, Menilai dan Mengimplementasikan sistem komputer secara interaktif untuk kegunaan manusia dan dengan membahas tentang fenomena yang terlibat dengan aktivitasnya” (ACM SIGCHI, 1992, p.6)
1.1 Unsur Interaksi Manusia dan Komputer
Unsur unsur Interaksi Manusia Komputer terdiri :
– Manusia à bagaimana manusia menerima dan memproses perintah kedalam komputer
– Komputer à teknologi komputer yang digunakan untuk menerima, memproses, dan menghasilkan Output yang telah diprosesnya
– Interaksi di antara kedua elemen di atas
Pengaruh akibat Interaksi Manusia dan Komputer dalam masa sekarang ini dapat dipandang dari 2 Sudut, yaitu Sudut Kemanusiaan dan Sudut Sosial
Sudut kemanusiaan:
- Manusia mempunyai kelemahan, artinya tanpa alat bantu seperti Komputer pekerjaan manusia akan berjalan lambat
- Kesalahan dalam Mengoperasikan Komputer dapat menimbulkan
o Kehilangan waktu
o Kehilangan uang
o Kehilangan nyawa jika melibatkan sistem yang kritikal
o Kehilangan semangat
Sudut Sosial:
· Komputer memberi sumbangan yang besar dalam kehidupan manusia dan tidak boleh diabaikan, seperti :
o Pembelajaran kepada anak-anak
o Memberi nasihat kepada para ahli (pakar) berdasarkan teori yang ditanamkan dikomputer
o Mmengirimkan robor robot keluar angkasa untuk meneliti, dll
Tidak ada komentar:
Posting Komentar